VISI MISI DISKOMINFO 2017-2018

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN,

STRATEGI DAN KEBIJAKAN

 

 VISI DAN MISI DINAS KOMINFO KOTA KOTAMOBAGU

 

Visi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kotamobagu tidak terlepas dari visi Pemerintah Kota Kotamobagu yaitu ” Terwujudnya Kota Kotamobagu Sebagai Kota Model Jasa di Kawasan Bolaang Mongondow Raya Menuju Masyarakat Sejahtera Berbudaya dan Berdaya Saing ”.

Penetapan visi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kotamobagu berlandaskan pada tugas pokok dan fungsi dinas yaitu ”melaksanakan urusan pemerintahan daerah bidang komunikasi dan informatika berdasarkan asas otonomi dekonsentrasi dan tugas pembantuan urusan bidang komunikasi dan informatika”. Dalam kurun waktu 2017-2018 Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kotamobagu hendaknya mampu mendukung pelaksanaan akselerasi Pembangunan Daerah yang tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Kotamobagu Tahun 2013-2018.

Visi adalah gambaran arah pembangunan atau kondisi masa depan yang ingin dicapai Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kotamobagu dalam kurun waktu 5 (lima) tahun yang akan datang, disamping itu visi ini juga merupakan pemandu arah bagi institusi dalam menyusun dan melaksanakan program dan kegiatannya.

Beradasarkan uraian diatas, adapun visi Dinas Kominfo Kota Kotamobagu yaitu :

"TERWUJUDNYA EFEKTIVITAS DAN EFESIENSI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DAERAH UNTUK MENDUKUNG KOTAMOBAGU SEBAGAI KOTA MODEL JASA DI KAWASAN BOLAANG MONGONDOW RAYA MENUJU MASYARAKAT YANG SEJAHTERA, BERBUDAYA, DAN BERDAYA SAING"

Misi merupakan rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi di atas, maka disusunlah misi yang menjadi tanggung jawab Dinas Kominfo dengan mengacu pada misi ke Tiga Pemerintah Kota Kotamobagu yaitu : “Menjadikan kotamobagu sebagai pusat pertumbuhan ekonomi berbasis jasa serta mempertahankan keunikan kota kotamobagu sebagai kawasan pengembangan pertanian organik, penghasil beras dan kopi, meningkatkan kualitas dan fasilitas infrastruktur kota, , mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi serta pengembangan kawasan strategis yang berwawasan lingkungan hidup secara berkelanjutan.yang dititikberatkan pada Pengembangan teknologi informasi dan komunikasi akan menciptakan data base bagi Kota Kotamobagu yang informatif, akuntabel, transparan dan partisipatif dalam menuju Visi Pembangunan menjadi Kota Jasa. Teknologi juga menjadi salah satu media modern pelayanan publik yang mendukung eksistensi daya saing Kota Kotamobagu diantara Kabupaten/Kota disekitarnya.

 

Dalam mendukung misi ke tiga tersebut, maka disusunlah 3 (tiga) misi Dinas Kominfo Kota Kotamobagu sebagai berikut :

1. Misi Pertama :Mewujudkan pelayanan prima dibidang Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian.

  1. Misi Kedua :Meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat melalui penyelenggaraan komunikasi dan informatika dalam rangka meningkatkan keterbukaan informasi publik
  2. Misi Ketiga     : Meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan informasi publik dan data statistik kepada masyarakat melalui berbagai saluran media komunikasi;

 

4.2 TUJUAN DAN SASARAN

Untuk mewujudkan visi Dinas Kominfo Kota Kotamobagu tahun 2017 – 2018 melalui pelaksanaan misi yang telah ditetapan tersebut di atas, maka dirumuskan tujuan dan sasaran yang akan dicapai pada setiap misinya. Tujuan dan sasaran merupakan perumusan sasaran strategis yang menunjukkan tingkat prioritas dalam perencanaan pembangunan jangka menengah daerah, yang selanjutnya akan menjadi dasar penyusunan Rencana Kerja setiap tahunnya.

  1. Adapun Tujuan dan sasaran dari Dinas Komunikasi dan Informatika sebelum Reviu yaitu :

Tujuan  :

  1. Meningkatnya Pengembangan dan Pemanfaatan Infrastruktur                      Teknologi Informatika dan Komunikasi Serta layanan Publik
  2. Meningkatkan Pengetahuan,Kecerdasan Pemberdayaan dan Kesejahteraan masyarakat melalui penyelengaraan Komunikasi dan Informatika dalam rangka meningkatkan keterbukaan Informasi Publik

 Sasaran :   

  1. Tersedianya Sumber daya manusia yang memiliki Kompentensi di Bidang TIK
  2. Pembinaan Disiplin Aparatur Pendidikan dalam rangka meningkatkan Pelayanan Komunikasi dan Informatika, statistik dan Persandian
  3. Meningkatkan pelayanan administrasi bidang Komunikasi dan Informatika statistik dan persandian
  4. Meningkatkan Pengembangan dan Pemanfaatan Infrastruktur Teknologi Informatika serta layanan Publik
  5. Meningkatkan         informasi dan Keterbukaan Informasi Publik

Indikator Sasaran Dinas Komunikasi dan Informatika yaitu:

  1. Jumlah sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan bersertifikat di Bidang Teknologi Informatika dan komunikasi
  2. Prosentasi layanan Aplikasi E-Goverment yang terintergitras akses internet dan layanan publik
  3. Prosentase Layanan Penagaduan Masyarakat secara online yang di tindak lanjuti tepat waktu
  4. Prosentase SKPD yang sudah melaksanakan Keterbukakaan Informasi Publik (KIP)
  1. Tujuan dan Sasaran Jangka menengah Pelayanan Komunikasi dan Informatika dapat dilihat pada tabel 4.2 dibawah ini:

 

No

Tujuan

Sasaran

Indikator

Kinerja

Kinerja pada awal Periode RPJMD

Target Kinerja Sasaran pada Tahun ke

2017

2018

 

Meningkatnya Pengetahuan, kecerdasan, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Masyarakat melalui Penyelengaaran Komunikasi dan informatika dalam rangka meningkatkan Keterbukaan Informasi publik

1.Tersedianya SDM yang memiliki Kompentensi di Bidang TIK

 

 

2.Meningkatnya Pengembangan dan Pemanfaatan Infrastruktur Teknologi Informatika dan Komunikasi serta layanan Publik

3.Meningkatnya diseninasi Informasi dan keterbukaan Informasi Publik

Jumlah SDM yang memiliki kompetensi dan bersertifikat di bidang TIK

1.Prosentase aplikasi E-Goverment yang terintergrasi akses internet dan layanan publik

2.Prosentasi layanan Pengaduan Masyarakat secara online yang ditindak lanjuti tepat waktu

3.Prosentasi SKPD yang sudah melaksa nakanketerbukaan informasi Publik (KIP)

5%

 

 

 

 

50%

 

 

 

 

 

 

30% 

 

 

 

 

 

 

 

30%

 

 

 

 

5%

 

 

 

 

70%

 

 

 

 

 

 

70%

 

 

 

 

 

 

 

50%

 

 

 

 

10%

 

 

 

 

90%

 

 

 

 

 

 

90%

 

 

 

 

 

 

 

90%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Strategi dan Kebijakan SKPD

Strategi dan Kebijakan Dinas Komunikasi dan Informatika dalam mendukung Pelaksanaan tujuan da sasaran diperlikan langkah-langkah strategi dan kebijakan SKPD, adapun Strategi dan Kebijakan SKPD yaitu:

 

Tabel 4.3

Strategi dan Kebijakan SKPD

 

No.

Sasaran

Strategi

Kebijakan

1

2

3

4

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tersedianya SDM yang memiliki kopentensi di Bidang TIK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Meningkatkan kualitas pelayanan Bidang Komunikasi dan Informatika,statistik dan persandian didukung sarana dan prasarana yang memadai SDM profesional

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengembangan konsep reformasi sebagai reformasi administrasi yang terdiri dari elemen regulasi sumberdaya manusia, teknologi Informasi dan kontrol masyarakat, untuk menghasilkan pelayanan publik yang lebih jelas

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

Meningkatnya Diseminasi Informasi dan Keterbukaan InformasiPublik

Meningkatkan diseminasi informasi melalui pemberdayaan potensi dan pendayagunaan media informasi dalam menghadapi globalisasi dan keterbukaan informasi publik

3.

Meningkatnya pengembangan dan pemanfaatan infrastruktur TIK serta layanan publik

Meningkatkan pengembangan dan pemanfaatan aplikasi TIK dalam rangka mengembangkan E-government dan kua;itas pelayanan publik

Peningkatan efisiensi dan efektivitas ketatlaksanaan dan prosedur pada semua tingkat pelayanan publik